Jumat, 28 Maret 2014

Khasiat Putri Malu Sebagai Obat Wasir

Khasiat Putri Malu Sebagai Obat Wasir

putri pudica, putri malu, manfaat putri malu,khasiat putri malu, manfaat mimosa pudica


Mimosa pudica atau putri malu dibarat dikenal dengan sebutan  cemara kecil/ small evergreen. Tanaman ini memiliki sejumlah nama panggilan , touch-me-not, dan sensitive plant. Di Indonesia disebut putrid malu.
Dalam pengobatan Ayurvedic  (konsep kesehatan tertua dalam kita veda india) , Putri malu dikenal sebagai lajjalu bukan karena daun yang bergerak menutup biladisentuh , tetapi manfaat terapeutik senyawa dalam tanaman tersebut yang mampu mengobati berbagai penyakit. Banyak penderita wasir mengalami lega ketika menggunakan putri malu sebagai terapi pengobatannya. Selain itu juga anti oksidant yang ada didalamnya secara khusu membantu pengobatan wasir.

Putri Malu dan Wasir

Wasir adalh penyakit yang dikarenakan pembuluh darah di daerah anus membengkak dan menjadi sangat sakit . Wasir dapat berasal dari mengejan saat buang air besar , kehamilan , kelebihan berat badan , dan faktor lainnya . Pembengkakan , rasa tidak nyaman , dan bahkan perdarahan adalah indikasi umum dari wasir. Kondisi tersebut sangat menyakitkan bagi para penderita wasir. Bahkan , dalam pengobatan Ayurveda , wasir dikenal sebagai " Arsha shoola " yang diterjemahkan menjadi " sakit  yang menusuk seperti jarum . " Ouch!

Bagi mereka yang mengalami penderitaan wasir , Mimosa pudica/ putrimalu menawarkan beberapa keuntungan . Jika Anda tahu apa-apa tentang sejarah cukur , Anda mungkin pernah mendengar tentang krayon obat penahan darah – seperti perangkat kecil yang mampu menghentikan pendarahan yang diakibatkan  dari mencukur. Nahh! Mimosa pudica memiliki kualitas obat penahan darah yang sama untuk menghentikan pendarahan . Hal Ini bisa sangat berharga untuk perdarahan wasir . Sebuah pasta topikal yang terbuat dari daun putri malu telah dikenal sebagai terapi wasir setidaknya sejak abad ke-16. Selain itu , Putri malu yang memiliki kadar fenol dan antioksidan diyakini dapat membantu enyembuhan luka .Dengan demikian perdarahan wasir lebih cepat sembuh .

Khasiat Putri malu Mengobati Wasir

Jika sakit wasir mengganngu aktivias anda , terapi herbal alami dengan putrid malu bisa menjadi jalan untuk membatu peyembuhan wasir . Hal ini dilakukan setidaknya 500 tahun penggunaan tradisional , keuntungan lainnya putri malu tidak mengandung senyawa sintetis atau bahan kimia berbahaya . Itu lebih dari yang dapat dilakukan untuk kebanyakan obat konvensional yang tersedia di apotek setempat .


Meskipun obat herbal dapat mengurangi rasa sakit wasir, bahkan mengobatinya namun sangat penting diperhatikan factor-faktor penyebabnya. Contoh Jika Anda kelebihan berat badan atau ketegangan saat buang air besar , tentu anda harus juga melakukan diet dan menghindari buang air besar secara terburu.

- Dr. Edward F. Group III, DC, ND, DACBN, DCBCN, DABFM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar